By Toni dkk
Biografi
Abu Hamid Ibn Muhammad Ibn Muhammad al-Thusi al-Shafi’i al-Ghazali. Beliau lahir di Thus (Khurasan,Iran) 1058M. Wafat usia 70 tahun di Iran, 1128 M
Guru-gurunya:
Syaikh Ahmad bin Muhammad Ar Radzakani, Imam Abu Nashr al-Isma’ili, Imam Haramain al-Juwaini,
Karya-karya:
1. Ilmu Agama:
Al-Munqidh min al-Dalal (Rescuer from Error), Hujjat al-haq (Proof of the Truth), Al-Iqtisad fil I’tiqad (Median in Belief), Al-Maqsad al-Asna fi Sharah Asma’Allahu al Husna(The Best means in Explaining Allah’s Beautiful Names, Jawahir AlQuran wa Duraroh(Jewels of the Quran and its Pearls), Fayals al Tafriqa bayn al-Islam wal Zandaqa(The Criterion of distinction between Islam and Clandestine Unbelief), Mishkat al-Anwar (The Niche of Lights), Tafsir al-Yaqut al-Ta’wil
2. Sufisme
Mizan al’amal (Criterion of Action), Ihya Ulul al-Din, Bidayatul Hidayah (Beginning of Guidance), Kimiya-ye Sa’adat (The Alchemy of Happiness), Nasihal al Mulk (Counselig Kings), Al-Munqidh min al-Dalal, Minhaj al’abidin (Methodology for the Worshipers)
3. Filsafat
Maqasid al Falasifa (Aims of Philosophers), Tahafut al Falasifa (The incoherence of Philosophers), Niyar al-Ilm fi Fan al_mantiq ( Criterion of Knowledge in the Art of Logic), Nihak al-Nazar fi al-Mantiq (Touchstone of Reasoning in Logic), Al Qistas al Mustaqim (The Correct Balance)
4. Yurisprudence
Fatawy al Ghazali (Verdicts of Ghazali), Al Wasit fi al Mathab (The Medium /digest in Juridprudential School), Kitab Tahzib al-Isul (Prunning on Legal Theory), Al Mustafa fi ‘Ilm al-Isul (The Clarified in Legal Theory), Asas al Qiyas (Foundation of Analogical reasoning)
Pemikiran Politik Al-Ghazali
1. Asal Mula Timbulnya Negara
Menurut Al Ghazali, manusia adalah makhluk sosial, hal ini disebabkan oleh 2 faktor, yaitu:
a. kebutuhan akan keturunan
b. saling membantu dalam menyediakan makanan, pakaian, pendidikan anak.
2. Teori tentang pemimpin negara
Khalifah/pemimpin negara, diangkat tidak berdasar rasio, tapi merupakan wajib syar’I, karena tugas utama pemimpin adalah memelihara syariat.
Dunia adalah ladang untuk mengumpulkan bekal kehidupan akherat, dan sebagai wahana untuk mencari keridhaan Tuhan.
Pemanfaatan dunia untuk tujuan ukhrawi akan tercapai dengan ketertiban, keamanan dan kesejahteraan merata, dipimpin oleh pemimpin yang ditaati
Agama dan sultan/kekuasaan sebagai anak kembar. Agama sebagai pondasi dan sultan sebagai penjaganya (ikatannya erat)
3.Sumber kekuasaan
QS. An Nisa : 59
Sultan = Bayangan Allah atas bumi-Nya
Kekuasaan Raja/Sultan dari Allah, kepada hamba yang terpilih
Kekuasaan negara adalah suci (QS. Al Imran : 26 )
Syarat untuk menjadi kepala negara ada 10:
1. dewasa /akil baligh
2. otak yang sehat
3. merdeka / bukan budak
4. laki-laki
5. keturunan Quraisy
6. Pendengaran dan penglihatan sehat
7. kekuasaan yang nyata
8. hidayah
9. ilmu pengetahuan
10. wara
TEOKRASI : kekuasaan kepala Negara dari Tuhan, bukan dari Rakyat. Kepala Negara tidak bisa dilengserkan.
Mekanisme kritik kepada penguasa
– Metode kritik (amar ma’ruf nahi munkar)
– Metode pemutusan hubungan
– Metode menulis surat
Profesi penunjang Negara
1. pertanian
2. pemintalan
3. pembangunan (perumahan)
4. politik
5. pertanahan
6. militer
7. kehakiman
8. hukum